Wisata Museum dan Kulineran Sekitar Hotel Amaroosa Bandung

0

Liburan ke Bandung merupakan alternatif yang sering dipilih warga Jakarta. Selain karena jarak Jakarta-Bandung yang relatif dekat, Bandung juga banyak memiliki tujuan wisata. Selain wisata lokasi, banyak juga tujuan wisata kuliner.

Hotel Amaroossa Bandung, adalah pilihan hotel yang tepat. Lokasinya berada di pusat kota, dan dekat dengan banyak tujuan wisata. Berada di jalan Aceh No. 71 A, Kota Bandung, Jawa Barat. Selain itu, Hotel Amaroossa Bandung sangat nyaman, designnya luxurius. Fasilitas yang ditawarkan juga lengkap. Ada outdoor swimming pool, fitness center, children play ground, parkir gratis, spa, café yang elegan, bar, serta restoran formal.

Sebelum menuju Bandung, atau saat perjalanan menuju Bandung, kamu bisa klik aplikasi Traveloka di telpon selulermu. Jadi saat tiba di bandung dan ingin sejenak beristirahat, kamar nyaman telah tersedia.

Tujuan wisata mana saja yang kali ini direkomendasikan? Berikut ini tujuan wisata yang direkomendasikan.

Museum Geologi Bandung.

Museum Geologi Bandung

Anak-anak berpose di depan fosil gajah di Museum Geologi Bandung. Sumber : Fb anik

Museum ini tak begitu jauh lokasinya dari Hotel Amaroossa Bandung. Berada di Jalan Diponegoro No. 57 Cihaurgeulis, Cibeunying Kaler, Kota Bandung, Jawa Barat. Kurang lebih 1,6 kilometer. Sangat dekat dengan lapangan Gasibu.

Museum ini dibangun oleh Belanda pada masa penjajahan Belanda di Indonesia. Tujuan awalnya adalah mengumpulkan material-material penting penelitian geologi dan sumber daya mineral yang berkaitan dengan kebutuhan penambangan bahan tambang bagi revolusi industri Belanda pada masa itu.

Hasil penyelidikan berupa sampel-sampel mineral-mineral, fosil-fosil, batuan, laporan-laporan, dan peta. Hasil penelitian itu kemudian di tampung dalam sebuah gedung Geologisch Laboratorium. Laboratorium inilah cikal bakal adanya Museum Geologi Bandung.

Gedung bergaya art deco dan seisinya ini selain menyimpan sejarah geologi Indonesia, juga merupakan saksi sejarah perjuangan Bangsa Indonesia selama masa perjuangan kemerdekaan.

Fossil

Display fosil tengkorak manusia purba di museum geologi. Sumber : Fb. Anik

Gedung Museum Geologi ini terdiri dari dua lantai. Lantai I sendiri, terbagi dalam tiga bagian yaitu ruang orientasi, ruang sayap timur, dan ruang sayap barat. Ruang orientasi berisi tentang peta geografi Indonesia yang menampilkan kegiatan geologi dan museum dalam bentuk animasi. Terdapat juga ruang informasi, serta pelayanan pendidikan dan pengetahuan.

Ruang sayap barat berfungsi sebagai Ruang Geologi Indonesia. Ruangan ini menyajikan informasi geologi, tatanan tektonik kulit bumi di Indonesia, keadaan geologi pulau-pulau di Indonesia, fosil-fosil serta sejarah manusia menurut teori Darwin. Di sini juga banyak dipajang contoh-contoh batuan mineral dalam lemari kaca.

Ruang sayap timur berisi informasi berupa penggambaran perkembangan mahluk hidup dari masa primitive hingga modern. Ada juga replika fosil-fosil binatang purba seperti tyrannosaurus rex osborn, gajah, kerbau dan sebagainya. Ada juga fosil-fosil asli hewan-hewan kecil hingga hewan bersel satu yang terjebak dalam batuan.

Di lantai ke dua, berisi display berbagai jenis mineral beserta keterangan nama dan kegunaannya. Juga ada display berbagai kegiatan dan segala sesuatu berkaitan dengan kegunungapian. Dipajang juga sebuah maket besar tambang emas terbesar di seluruh dunia. Tambang gransberg di Irian Jaya.

Segala informasi ini asyik untuk dilihat dan diketahui. Museum Geologi ini sangat pantas untuk dikunjungi.

Dari sini kita berpindah wisata kuliner.

Nasi Bancakan

Restoran yang mengusung menu dan suasana kampung serta jadul ini banyak sekali peminatnya. Lokasinya tak begitu jauh dari Museum Geologi Bandung. Restoran ini berada di Jalan Trunojoyo No. 62, Citarum, Bandung Wetan, Kota Bandung Jawa Barat.

Nasi Bancakan

Nasi Bancakan. Sumber : urbandung.com

Nasi bancakan menyajikan menu-menu masakan sunda, antara lain adalah nasi liwet, nasi timbel, lauk abon, paru, babat, usus, tongkol, aneka pepes, aneka semur, aneka tumisan, lalapan dan sambel merah. Ada es goyobod, es cendol, es kopi, es cincau, kue balok dan kue tradisional lainnya. Penyajiannya menggunakan piring dan cangkir seng jadul. Sangat unik.

Selain itu makanan di sini sangat terjangkau harganya.

Roti Gempol

Wisata kuliner yang satu ini juga jadul alias jaman dulu. Kedai Roti Gempol berlokasi tak jauh dari Nasi Bancakan. Kedai ini berada di Jalan Gempol Wetan No. 14 Citarum, Badnung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat. Roti di sini, meskipun jadul tapi rasanya enak. Mereka membuat roti tanpa bahan pengawet. Bila memesan roti bakar, sajian potongan rotinya tebal-tebal, sangat lezat dan mengenyangkan.

Kedai Roti

Kedai Roti Gempol. Sumber : banyumurti.net

Menu andalan mereka adalah roti bakar. Ada roti bakar manis, ada juga pilihan roti bakar asin. Varian roti bakar manis ada coklat, susu, kacang, srikaya, keju, dan nanas. Varian roti bakar asin ada keju dan telur, ada daging dengan keju atau daging dengan telur, dan ada juga pilihan kumplit yaitu daging, keju, dan telur. Untuk dasar rotinya ada dua pilihan antara roti putih dan roti gandum.

Selain menu utama roti bakar, mereka juga ada aneka roti yang lainnya. Ada roti sobek, aneka roti manis, roti tawar, dan donat. Untuk minuman ada adictea, minuman teh berperisa aneka rasa. Tersedia juga kopi dan air mineral serta the kemasan lainnya. Jajanan di sini lumayan terangkau. Kedai ini sudah ada sejak tahun 1958. Dan bertahan dengan interior toko yang serupa, serta sajian yang serupa.

Nah, bagaimana? Yuk jalan-jalan lagi ke Bandung.

Share.

About Author

Seorang Blogger asal Kota Balikpapan, yang juga hobi foto-foto, menulis, wisata kuliner dan juga suka ngoprek web dan aplikasi open source.

Leave A Reply

© 2015 Tyodongss - Blogger Balikpapan.