My First Solo Backpacking Trip

0

Pada 24 Feb 2018 lalu, om tyo telah melakukan perjalanan sendirian ke sejumlah negara di Asia Tenggara. Pada awalnya perjalanan ini akan diikuti juga oleh teman om tyo. Namun, teman om tyo tidak jadi ikut. Jadilah om tyo berangkat sendirian. Mungkin ada yang berpikiran seperti ini. Loh kok, gaya bener jalan-jalan ke negara lain atau luar negeri? banyak duit ya? ke luar negeri kan mahal. Keliling Indonesia aja dulu, kan banyak tempat-tempat keren di Indonesia. Sebenarnya sudah dari tahun 2016 lalu om tyo pengen keliling Asia Tenggara, namun waktu itu belum kesampaian karena dapet training gratis ke Jakarta dan Bandung. Kemudian pada tahun 2017 om tyo baru pindah kantor jadi belum punya cuti. Dan pada tahun 2018 ini lah om tyo baru punya cuti dan langsung om tyo pake untuk solo travelling ke luar negeri untuk pertama kali. 

Dari Balikpapan kota tempat om tyo tinggal, terbang ke Jakarta pukul 06.30 menggunakan maskapai Batik Air. Ini first time om tyo naik maskapai ini, yang merupakan maskapai full service dari Lion Group. Sekitar pukul 4:30 WITA om tyo berangkat dari rumah ke bandara diantar oleh bapak. Sesampainya di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan atau yang biasa disingkat SAMS Sepinggan Airport, om tyo langsung menuju konter check-in. Pas mau masuk ke ruang tunggu, om tyo ketemu dengan adik kelas om tyo sewaktu SMK. Mau om tyo tegur, takut dianya gak kenal sama om tyo, kan malu ntar. haha. Di ruang tunggu om tyo langsung mencari mushola untuk melaksanakan solat Subuh. Alhamdulilllah tidak terjadi delay pada penerbangan pagi ini. Oh iya, pagi itu sesampainya di pintu masuk pesawat, senyuman manis diberikan pramugari-pramugari cantik Batik Air kepada om tyo. Kenapa om tyo? Karena om tyo adalah orang pertama yang memasuki pesawat. Gak percaya? ini nih buktinya, pesawatnya masih kosong.

Batir Air BPN CGK

Di dalam pesawat Airbus A320 ini ternyata tidak ada LCD entertainment. Hanya ada LCD untuk informasi dan itu pun 1 untuk beberapa penumpang. Tempat duduk juga lumayan lega. Untuk makanannya, om tyo pilih nasi kuning, teh, dan juga bolu. Menu sarapannya kalimantan banget ini. Overall menurut om tyo Batir Air masih dibawah maskapai full service sebelah. Namun pramugari Batik Air manis-manis pisan euy, dan bajunya juga nerawang. Bisalah dijadikan pertimbangan untuk menggunakan maskapai ini.

Landing di bandara Soekarno Hatta masih cukup pagi yaitu pukul 7:30 WIB. Sementara flight om tyo berikutnya masih pukul 12:35, masih lama memang. Santai dulu di bandara. Duduk santai di terminal 1 A. Kemudian datang ibu-ibu disamping om tyo. Beliau ngajak ngobrol om tyo. “Mau kemana dek?” kata ibu tersebut. Om tyo jawab, “Mau ke Singapura bu”.  “Sama siapa dek? Sendirian kh?” balas ibu tersebut. “Iya” jawab om tyo singkat. Kemudian percakapan berlanjut sampai soal harga tiket, asal ibu tersebut, tujuan ibu tersebut ke jakarta. Oh iya ibunya ini dari Palembang. Sendirian datang ke Jakarta untuk ke rumah anaknya yang di Jakarta, diem-diem datangnya. Mau kasih surprize cucunya. Keren ya ibunya ini. Berani sekali.

Menghabiskan waktu dengan mengobrol dengan ibu tadi ternyata masih belum cukup. Hanya sekitar 45 menit waktu yang terlewati. Selanjutnya om tyo nyobain naik Sky Train. First time juga ini nyobain Sky Train. Lokasi halte nya ada di Terminal 1B. Naik eskalator ke lantai 2 halte. Menunggu sekitar 5-7 menit kereta pun tiba, langsung naik saja. Gratis! Namun prioritaskan yang keluar terlebih dahulu dan ingat kursi hanya untuk penumpang prioritas ya. Om tyo pengen ke terminal 3 ultimate. Belum pernah kesana soalnya. Sesampainya disana. Memang top dah terminal 3 ultimate ini. Nantinya semua maskapai internasional yang ada di terminal 2 akan dipindah ke terminal 3 ultimate ini. Saat ini masih tertentu saja yang ada di terminal 3 ini. Setelah itu om tyo balik lagi naik Sky Train ke terminal 2. Om tyo bingung di terminal 2 ini, muter-muter ternyata perlu naik lift terlebih dahulu untuk masuk ke ruang check-in nya. Maklum dah lama nda jalan-jalan ke Jakarta. Haha. Masih cukup waktu, nemu Hokben di deket pintu masuk check-in terminal 2D. Langsung dah om tyo mampir, first time juga ni nyobain HokBen. Soalnya di Balikpapan gak ada ni HokBen. Enak banget ya daging teriyakinya. Alhamdulillaah enak, kenyang dan halal juga.

Berikut video dokumentasi perjalanan om tyo pada hari pertama sampai pagi keesokan harinya. Check it out!

Share.

About Author

Seorang Blogger asal Kota Balikpapan, yang juga hobi foto-foto, menulis, wisata kuliner dan juga suka ngoprek web dan aplikasi open source.

Leave A Reply

© 2017 Tyodongss - Blogger Balikpapan.